Panduan Dan Pengertian / Definisi Salat Witir

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Secara bahasa witir berarti ganjil. Jadi, salat witir adalah salat yang jumlah bilangan rakaatnya ganjil. Paling sedikit satu rakaat dan paling banyak 11 rakaat. Salat witir tidak hanya dilakukan setelah salat tarawih di bulan Ramadhan. Namun, pada malam hari di luar bulan Ramadhan umat Islam pun dianjurkan untuk melaksanakan salat witir sebagai penutup salat-salat sunah malam hari.

Hukum melaksanakannya adalah sunah muakkad, sebagaimana hadis Rasulullah saw:
Yang artinya: “Dari Ali r.a. Witir itu bukan keharusan seperti salat fardu,tapi merupakan sunah yang dibiasakan oleh Rasulullah saw.” (H.R. Ahmad/722)

Tata cara pelaksanaan salat witir sebagai berikut yaitu : Waktunya pada malam hari setelah salat isya’, Dilaksanakan secara berjamaah atau sendirian (munfarid Jumlah rakaatnya ganjil ), Dalam pelaksanaannya ada dua macam niat, yakni niat untuk salat 2 rakaat dan ditutup dengan niat untuk salat 1 rakaat, yang diucapkan dalam hati.

Cara sholat witir yaitu : Berniat shalat witir 2 atau 1 rakaat bacaan niatnya apabila diucapkan artinya adalah:  “Saya berniat salat satu rakaat witir karena Allah Ta‘ala.” (sebaiknya niat diucapkan dalam hati).
Kemudian takbiratur ikhrom kemudian sholat 2 rakaat atau 1 rakaat dengan bacaan seperti solat-solat wajib atau sholat sunah setelah itu Salam.

Itulah Panduan Dan Pengertian Atau Definisi Salat Witir, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…