Zakat Sebagai Fungsi Sosia

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Zakat juga memiliki fungsi sosial yang dominan, yaitu meningkatkan kesetiakawanan sosial. Fungsi sosial dari zakat ini manfaatnya sangat luas dan dirasakan tidak hanya oleh fakir miskin, tetapi juga oleh muzaki (orang yang mengeluarkan zakat) sendiri, serta masyarakat umum. Dana zakat dapat dimanfaatkan sebagai modal usaha bagi penerimanya. 

Adapun manfaat zakat secara umum adalah untuk Menolong orang yang lemah dan susah,Menumbuhkan rasa kemanusiaan dan kesetiakawanan, Membersihkan diri dari berbagai penyakit hati seperti kikir, iri, dan tamak, Membiasakan untuk peduli terhadap penderitaan orang lain, Mendatangkan keberkahan dalam hidup, serta Meningkatkan ketakwaan kepada Allah swt.

Membayar Zakat Sebagai salah satu rukun Islam, kewajiban zakat harus ditunaikan. Untuk itu, kita perlu memahami dan mampu mempraktikkan membayar zakat. Misalnya, dengan melakukan kegiatan membayar zakat di fakir, miskin atau amil zakat.

Zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Oleh karena itu, saat kita memiliki harta yang wajib dizakati, kita wajib mengeluarkan zakatnya. Adakalanya mengeluarkan sebagian harta sebagai zakat tidaklah mudah. Hati kita terkadang merasa berat berpisah dari harta yang harus kita berikan kepada mereka yang berhak. Untuk itu, mari kita berlatih membiasakan diri mengeluarkan sebagian harta kita untuk orang lain. Beberapa hal yang dapat kita lakukan adalah membiasakan hal-hal seperti,Berinfak di kotak amal, Menyisihkan sebagian uang saku untuk diberikan kepada mereka yang membutuhkan, Membantu korban bencana alam,Memberikan santunan kepada anak yatim.

Itulah pengertian masalah zakat juga memiliki fungsi sosial, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…