Keistimewaan Dan Keutamaan Orang Yang Mempunyai Ilmu / Berilmu

Sahabat admin yang berbahagia, Orang yang memiliki ilmu mempunyai keistimewaan dan keutamaan tersendiri dalam Islam. Keistimewaan dan keutamaan orang berilmu, antara lain sebagai berikut:

Memperoleh derajat yang tinggi dari Allah swt.

yarfa‘illahul-ladzina amanu minkum, wal-ladzina utullilma darajtin

Artinya: niscaya Allah akan mengangkat (derajat) orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu beberapa derajat (Q.S. Al-Mujadilah/58:11).

Memiliki bekal hidup di dunia dan akhirat

Dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Raulullah saw. bersabda: Apabila seorang manusia meninggal dunia, terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara, yaitu sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan, atau anak saleh yang mendoakannya. (H.R. Muslim:3084)

Memperoleh doa keselamatan dari Allah, para malaikat, dan seluruh penghuni langit serta bumi, bahkan semut di liangnya dan ikan-ikan di lautan

Dari Abu Umamah Al-Bahily Rasulullah saw. bersabda: Sesungguhnya Allah, para malaikat-Nya, penghuni langit-langit dan bumi hingga semut di liangnya serta ikan-ikan di lautan, sungguh mendoakan orang-orang yang mengajar manusia kepada kebaikan. (H. R. Tirmizi:2609).

Memperoleh keselamatan dari laknat Allah swt.

Dunia itu terkutuk dan juga segala isinya, kecuali zikir dan taat kepada Allah serta orang alim (berilmu) dan orang yang belajar. (H.R. Ibnu Majah: 4102).

Memunyai rasa takut kepada Allah swt. karena mengetahui kekuasaanNya

innama yakhsyallaha min ‘ibadihil-ulama’u,

Artinya: “Di antara hamba-hamba Allah yang takut kepada-Nya, hanyalah para ulama” (Q.S. Fathir/35: 28).

Mampu menerima pelajaran dari wahyu Allah swt.

qul hal yastawil-ladzina ya‘lamuna wal-ladzina la ya‘lamuna, innama yatadzakkaru ulul-albabi.

Artinya: Katakanlah, ”Apakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui?” Sebenarnya hanya orang yang berakal sehat yang dapat menerima pelajaran. (Q.S. Az Zumar/39: 9)

Itulah Keistimewaan Dan Keutamaan Orang Yang Mempunyai Ilmu / Berilmu, mudah-mudahan bermanfaat dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan ridhaNya kepada kita semua amin…