Pengertian / Definisi Iman Kepada Rasul

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Iman secara bahasa berarti percaya. Iman menurut istilah berarti mempercayai dengan sepenuh hati, diucapkan dengan lisan, dan diwujudkan dalam perbuatan. Iman kepada rasul Allah berarti mempercayai dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah mengutus rasul untuk menyampaikan syariat.

Keimanan tersebut diwujudkan dalam perbuatan sehari-hari. Selain istilah rasul kita mengenal istilah nabi. Nabi berasal dari kata naba yang artinya ditinggikan atau kata nabaa yang berarti berita. Dapat disimpulkan bahwa nabi adalah orang yang ditinggikan derajatnya oleh Allah swt. yang memberinya wahyu (berita).

Menurut istilah nabi berarti manusia biasa, laki-laki, yang dipilih oleh Allah swt. untuk menerima wahyu. Rasul berasal dari kata arsala yang artinya mengutus. Rasul berarti seorang laki-laki yang diberi wahyu dan diutus oleh Allah swt. untuk menyampaikan risalah (syariat) kepada umatnya. Dari sini dapat dipahami tentang perbedaan nabi dan rasul, yaitu terletak pada kewajibannya menyampaikan syariat kepada umatnya.

Mengapa Allah swt. harus mengutus rasul kepada manusia? Pada umumnya manusia lebih memilih berbuat maksiat daripada berbuat baik. Sejak ribuan tahun yang lalu hal tersebut telah terjadi. Manusia cenderung mengikuti hawa nafsu daripada berbuat baik. Agar manusia lebih terkontrol untuk mengamalkan kebajikan, diutuslah rasul kepada umat manusia. Para utusan Allah swt. yang mendapat tugas untuk menyampaikan risalah yang telah diwahyukan.

Itulah pengertian iman kepada Rasulullah saw, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…