Batas Minimal / Nisab Harta Perniagaan, Hasil Tani, Hasil Laut Dan Barang Tambang

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Nisab adalah batas minimal pemilikan harta yang wajib dizakati. Harta yang wajib dizakati harus mencapai nisab. Artinya, harta tersebut telah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan ketetapan syara’. Adapun harta yang tidak sampai nisabnya terbebas dari zakat dan dianjurkan mengeluarkan infaq serta sadaqah. Syarat ini hanya berlaku pada harta yang diatur nisabnya. Pada harta yang tidak terdapat ketentuan nisab, harta tersebut wajib dikeluarkan zakatnya tanpa memperhatikan nisab tertentu.

Harta perniagaan

Harta perniagaan adalah harta yang digunakan untuk berdagang. Zakat harta perniagaan dipersamakan dengan harta kekayaan. Dengan demikian, harta perniagaan memiliki nisab 85 gram emas dan kadar zakat 2,5%. Sebagaimana emas dan perak, zakat harta perniagaan dikeluarkan setelah berlaku masa satu tahun. Adapun Ayam ternak termasuk salah satu objek zakat jika telah mencapai nisab. perhitungannya adalah modal kerja dan keuntungan dikurangi utang, biaya operasional dan kerugian. Hasilnya dikalikan 2,5%.

Hasil Pertanian

Hasil pertanian juga termasuk harta yang wajib dikeluarkan zakatnya. Pada masa Rasulullah, hasil pertanian yang dikeluarkan zakatnya terbatas pada kurma, anggur, dan jewawut atau gandum. Pada masa berikutnya, para ulama memberikan fatwa bahwa semua hasil pertanian yang telah memenuhi nisab hasil pertanian pada masa Nabi harus dikeluarkan zakatnya.

Hasil Laut dan Barang Tambang

Hasil laut adalah berbagai hasil yang dapat diambil manusia, baik secara alami maupun dibiakkan, dan bernilai ekonomis. Hasil laut dimaksud dapat berupa ikan, mutiara, ambar, marjan, hingga hasil penyulingan air laut. Adapun barang tambang adalah semua hasil pertambangan yang diupayakan dari perut bumi dan bernilai ekonomis.

Barang tambang

Barang tambang tersebut berupa minyak bumi, batu bara, marmer, giok, timah, tembaga, emas, dan perak. Dalam kelompok ini terdapat emas dan perak. Maksud emas dan perak dalam kelompok ini adalah emas dan perak yang diusahakan oleh perusahaan atau perorangan yang melakukan penambangan.

Itulah sedikit pengertian masalah nisab harta yang wajib di zakati, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…