Contoh Perilaku / Sikap Tawakal

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini kami akan membahas sedikit masalah yang berkaian dengan contoh perilaku tawakal Pada zaman Rasulullah saw. ada seorang Badui yang hendak menunaikan shalat di masjid. Ia mengendarai unta. Setibanya di masjid, ia melepaskan untanya begitu saja tanpa diikat.

Ada seorang sahabat yang mengingatkannya agar mengikat unta yang dibawanya. Akan tetapi, si Badui menjawab bahwa ia telah bertawakal kepada Allah swt. atas apa yang terjadi terhadap untanya. Mendengar hal ini Rasulullah saw. memerintahkan si Badui agar mengikat unta miliknya baru bertawakal kepada Allah.

Demikianlah, Rasulullah saw. memerintahkan kepada si Badui agar mengikat untanya kemudian bertawakal. Berusaha dan bertawakal merupakan kewajiban setiap muslim. Iman seseorang tidak sempurna jika dalam kehidupannya ia belum bertawakal. Manusia diperintahkan untuk berusaha sebaik mungkin, tetapi keberhasilan atau kegagalan murni Allah swt yang menentukan.

Tawakal adalah penyerahan diri dan segala keputusan sepenuhnya kepada Allah swt. Namun begitu, tidak berarti orang yang bertawakal sama sekali tidak melakukan usaha dan ikhtiar. Usaha dan ikhtiar itu harus tetap dilakukan, sedangkan hasil akhirnya diserahkan kepada Allah swt. Inilah penerapan tawakal yang benar yang diajarkan oleh syariat. Allah menyatakan dalam sebuah potongan ayat yang berbunyi sebagai berikut.

Faiza  azamta fatawakkal alawallahi innallaha yuhibbul mutawakkilin

Artinya: Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah.Sungguh, Allah mencintai orang-orang yang bertawakal . . . .” (Q.S. Ali ‘Imran ayat 159).

Saya kira cukup sekian penjelasan masalah yang berkaitan degan tawakal, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…