Definisi / Pengertian Puasa Daud, Tasr’a, Asyura, Sya’ban Dan Pertengahan Bulan

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Selain puasa sunnah Arafah dan syawal, ada beberapa puasa sunnah lain yang dianjurkan Rasulullah saw. untuk kita laksanakan. Puasa-puasa sunnah tersebut yaitu sebagai berikut :

Puasa Daud

yaitu berpuasa satu hari dan berbuka satu hari (berselang hari). Puasa Daud sangat baik dikerjakan jika kita ingin memperbanyak keutamaan pahala puasa. Rasulullah bersabda yang artinya, Dari Abdullah bin Umar, ia berkata: ”Berpuasalah sehari dan berbukalah sehari, itu puasa Nabi Daud dan itulah seutama-utama puasa. Maka aku berkata, ’Saya sanggup lebih dari demikian.’ Jawab Rasulullah saw. tidak ada yang lebih utama dari itu.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Puasa Tasr’a Dan ’Asyura

yaitu puasa sunnah pada tanggal 10 Muharam (hari ’Asyura). Rasulullah sangat menganjurkan kita untuk berpuasa pada hari tersebut. Sebagaimana sabdanya yang artinya, ”Dari Abu Qatadah, Rasulullah telah berkata: ’Puasa hari ’Asyura itu menghapuskan dosa satu tahun yang telah lalu’.” (H.R. Muslim).

Puasa Sya’ban

yaitu puasa yang dilaksanakan pada bulan Sya’ban sesering mungkin. Sabda Rasulullah dari Aisyah ra, ia berkata, ”Saya tidak melihat Rasulullah saw. menyempurnakan puasa satu bulan penuh, selain bulan Ramadan dan saya tidak melihat Rasulullah pada bulan-bulan lain berpuasa lebih banyak dari bulan Sya’ban.” (H.R. Bukhari dan Muslim).

Puasa Pertengahan Bulan

yaitu puasa yang dilaksanakan setiap tanggal 13, 14, dan 15 bulan Qamariah kecuali bulan Zulhijah. Rasulullah bersabda yang artinya, ”Dari Abu Zar Rasulullah saw. berkata: ”Wahai Abu Zar, jika engkau hendak berpuasa hanya 3 hari dalam satu bulan, hendaklah engkau berpuasa tanggal 13, 14, dan 15.” (H.R.A.hmad dan Nasa-’i).

Itulah macam-macam puasa sunnah dan pengertiannya, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…