Pengertian / Definisi Puasa Syawal Dan Arafah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Puasa-puasa sunnah yang di lakukan oleh Nabi Muhammad banyak jenisnya, tetapi disini saya haya membahas pengertian puasa sunah Arafah dan puasa syawal.

Puasa Syawal

Puasa Syawal adalah puasa yang dilaksanakan selama enam hari pada bulan Syawal, tetapi tidak dilakukan pada tanggal 1 Syawal. Hal ini karena tanggal 1 Syawal adalah hari raya Idul Fitri yang diharamkan berpuasa. Menunaikan ibadah puasa Syawal tidak harus berurutan harinya asalkan masih dalam bulan Syawal.

Menunaikan puasa Syawal dianjurkan oleh Rasulullah, sebab puasa Syawal merupakan pelengkap bagi puasa wajib bulan Ramadan. Selain itu, pahala melaksanakan puasa Syawal sangat besar. Sebagaimana yang telah disabdakan Rasulullah saw. dalam hadisnya yang Artinya:
Dari Ayyub, Rasulullah bersabda: ”Barang siapa yang telah berpuasa pada bulan Ramadan kemudian ia mengikutkannya dengan puasa enam hari pada bulan Syawal, maka puasanya itu seperti puasa sepanjang tahun.” (H.R. Muslim). Itulah pengertian masalah puasa syawal.

Puasa Arafah

Sahabat admin yang di karuniai Allah. Padang Arafah terletak lebih kurang 25 km dari Mekah. Di padang inilah umat Islam yang menunaikan ibadah haji melaksanakan wukuf pada tanggal 9 Zulhijah. Wukuf dimulai sejak tergelincirnya matahari hingga terbit fajar tanggal 10 Zulhijah.Pada saat jamaah haji melaksanakan wukuf, umat Islam yang sedang tidak menunaikan ibadah haji disunahkan menunaikan puasa.

Puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Zulhijah disebut puasa Arafah. Allah swt menjanjikan pahala yang sangat besar bagi orang yang melaksanakan puasa Arafah. Pahala yang dijanjikan Allah swt. adalah dihapusnya dosa kecilnya selama dua tahun, satu tahun yang telah lalu dan satu tahun yang akan datang. Perhatikan sabda Rasulullah saw yang artinya: Dari Abu Qatadah, Nabi Muhammad saw, bersabda: ”Puasa di hari Arafah itu menghapuskan (dosa kecil) dua tahun, satu tahun dosa yang telah lalu, satu tahun dosa yang akan datang.” (H.R. Muslim).

Itulah pengertian puasa sunnah Arafah dan syawal , mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…