Empat Hal Yang Dibangun Oleh Nabi Muhammad Di Madinah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ada empat hal yang dibangun oleh Nabi Muhammad saw dalam membangun kota Madinah, ke empat hal itu antara lain :

Pembinaan Akidah, Ibadah, dan Akhlak Umat

Pembinaan akidah dilakukan oleh Rasulullah, khususnya untuk mengkukuhkan keyakinan bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Demikian juga dengan pembinaan terhadap rukun iman lainnya. Rasulullah melakukan pembinaan ibadah dengan mengajarkan kaum muslimin tentang cara beribadah kepada Allah swt secara benar. Rasulullah melakukan pembinaan akhlak umat dengan mengajak mereka agar selalu menjalankan nilai-nilai kejujuran, kebenaran, dan keadilan.

Meningkatkan Kehidupan Ekonomi Umat

Hal ini dilakukan dengan mengajak kepada para sahabat untuk bergelut pada pengelolaan roda ekonomi, misalnya dengan perdagangan dan pengelolaan zakat.

Pembinaan Kehidupan Sosial

Pembinaan terhadap kehidupan sosial menjadi penting untuk mengikat erat jalinan persaudaraan antara kaum Muhajirin dengan Ansar.

Pembangunan Kekuatan Politik

Kekuatan politik di Madinah perlu ditegakkan dalam rangka memberi jaminan keamanan dan perlindungan kepada warga. Setelah Rasulullah saw. hijrah, persatuan masyarakat Madinah semakin terbangun. Bagaimanakah kondisi kehidupan ekonomi masyarakat Madinah pada zaman Nabi Muhammad saw.? Untuk memahami lebih lanjut, kita perlu menyimak kondisi muslimin setelah hijrahnya Rasulullah, tepatnya sesudah lahirnya Piagam Madinah.

Itulah empat hal yang di bangun oleh Nabi Muhammad saat di Madinah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…