Hikmah Diharamkannya Bangkai

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Islam mengajarkan bahwa apa yang kita makan dapat mempengaruhi pertumbuhan badan, cara berpikir, sifat, serta tingkah laku kita. Jika mengonsumsi makanan yang baik, sifat kita pun akan baik. Sebaliknya, jika makanan mempunyai sifat yang tidak baik, sifat dan perilaku kita pun turut menjadi tidak baik.

Untuk inilah Allah melarang kita mengonsumsi beberapa hewan yang mempunyai sifat tidak baik. Di balik pengharaman hewan atau makanan tertentu, terdapat hikmah yang sangat banyak. Di balik larangan mengonsumsi bangkai, terdapat banyak hikmah.

Bangkai adalah binatang yang mati dengan sendirinya atau kematiannya tidak disebabkan karena disembelih atau diburu. Beberapa hikmah diharamkannya bangkai antara lain sebagai berikut.

Fitrah yang sehat tentu sepakat mengatakan bahwa ia adalah kotor. Akal pikiran yang normal menyatakan bahwa mengonsumsi bangkai merendahkan derajat manusia.

Binatang yang mati dengan sendirinya, kemungkinan besar karena umurnya sudah tua, kecelakaan, memakan tumbuhan yang beracun, atau musibah lainnya. Semua itu tidak dapat dijamin keamanannya.
Agar manusia memelihara binatang miliknya. Tidak dibiarkan begitu saja ia sakit, melemah, kemudian mati.

Itulah hikmah diharamkannya bangkai, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…