Keistimewaan / Keutamaan Puasa Ramadhan

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Ibadah yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah swt. Begitu juga ibadah puasa Ramadhan akan mendapat balasan pahala yang berlipat ganda. Oleh karena itu, kita tidak boleh meninggalkan puasa Ramadhan walaupun hanya sehari tanpa alasan yang sesuai dengan syariat Islam.

Nikmat dan pahala melaksanakan ibadah puasa sangat banyak. Oleh karena itu, kita harus berusaha untuk menunaikan ibadah puasa sebaik-baiknya. Seseorang yang meninggalkan puasa Ramadhan tanpa sebab yang diizinkan oleh Islam, ia akan merugi. Satu hari puasa Ramadhan yang ditinggalkannya tidak akan dapat dibayar dengan puasa sepanjang masa.

Perhatikan sabda Rasulullah saw. yang artinya, ”Siapa yang berbuka satu hari dari bulan Ramadhan tanpa keringanan yang diberikan Allah padanya, tidaklah akan dapat dibayar dengan puasa sepanjang masa walaupun dilakukannya,” (H.R. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Tirmizi)

Dengan memahami kandungan hadis di atas, tetapkan niat dalam hati untuk tidak meninggalkan puasa Ramadhan walaupun sehari tanpa alasan yang sesuai dengan syariat Islam. Untuk meraih pahala yang lebih banyak pada bulan Ramadhan, kita dapat melaksanakan ibadah lainnya. Misalnya, memperbanyak membaca Al-Qur’an, bersedekah, menyantuni anak yatim, dan beberapa amal baik lainnya

Itulah sedikit pengertian masalah keutamaan puasa Ramadhan dan masih banyak lagi keutamaan-keutamaan puasa di bulan Ramadhan, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…