Pengertian Dan Hukum Puasa Qadha

Sahabat admin yang di karuniai Allah Dalam bulan Ramadhan kita mungkin pernah mengalami sakit yang akhirnya sampai kita tidak kuat untuk berpuasa, maka kita wajib membayar atau meqadha puasa yang kita tingalkan waktu bulan Ramadhan.

begitu juga bagi wanita yang sudah balag atau yang sudah keluar darah haid, apabila pada waktu bulan Ramadhan datang bulan atau sedang haid maka tidak boleh berpuasa dan setelah bulan Ramadhan selesai maka harus mengqadha puasa yang ditngalkan saat bulan Ramadhan.

Melakukan Puasa qadha adalah puasa yang dilaksanakan di luar bulan Ramadhan sebagai pengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Alasan meninggalkan puasa Ramadhan harus sesuai dengan syariat Islam. Misalnya, orang yang sedang haid diperbolehkan berbuka puasa Ramadhan dan menggantinya pada hari lain di luar bulan Ramadhan.

Puasa yang dilaksanakan oleh orang tersebut di luar bulan Ramadhan disebut puasa qadha. Jumlah puasa qadha yang dilaksanakan sesuai dengan jumlah hari puasa Ramadhan yang ditinggalkan. Puasa qadha sebaiknya segera dilaksanakan karena ia ibarat utang yang harus segera dibayar.

Hukum melaksanakan puasa qadha adalah wajib. Itulah sedikit pengertian masalah puasa qadha, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…