Nama-Nama Hari Kiamat / Hari Akhir

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Hari kiamat atau hari akhir adalah suatu hari penghancuran yang tidakada yang dapat menolong siapapun / apapun selain pertolongan  Allah dan pada waktu itu akan terjadi bahwa seluruh alam dan segala isinya, termasuk manusia akan hancur semua. Dan hari akhir atau hari kiaman juga mempunyai banyak nama-nama antara lain :

Yaumul akhir, yaitu hari yang paling akhir dalam kehidupan manusia.
Yaumul kiamat, yaitu hari dibangkitkannya manusia dari alam kubur untuk mempertanggung jawabkan segala amal perbuatannya pada waktu hidup di dunia.
Yaumul jaza (hari pembalasan), yaitu hari pembalasan amal perbuatan manusia, yang baik akan dibalas dengan surga dan yang jelek akan dibalas dengan neraka.
Yaumul hisab, perhitungan segala amal perbuatan manusia pada waktu hidup di dunia baik itu amal jelek maupun amal kebaikan sekalipun itu sebesar atom tetap akan diperhitungkan.
Yaumul taghibun (hari kerugian), yaitu hari dimana manusia akan mengalami kerugian terutama orang-orang yang amal perbuatannya di dunia jahat.
Yaumul hasyr (hari penyesalan), yaitu hari dimana manusia akan mengalami penyesalan tentang nasibnya, mengapa dulu waktu hidup di dunia tidak beramal yang baik.
Yaumul fash (hari keputusan), yaitu hari keputusan terakhir bagi manusia tentang nasibnya.
Yaumul waid (hari ancaman), yaitu hari dimana manusia akan diancam dengan siksaan neraka, terutama manusia yang banyak berbuat dosa waktu hidup didunianya.
Yaumul din (hari pertanggungjawaban), yaitu hari dimana manusia harus mempertanggung jawabkan agama yang dianutnya pada waktu hidup di dunia.

“Tiga hal yang mengikuti orang yang meninggal dunia, yaitu: keluarganya, hartanya, dan amalnya’ maka dua yang kembali dan satu tetap mengikuti. Keluarga dan hartanya kembali dan yang tetap mengikuti amalnya.” (H.R. Bukhari - Muslim)

Dari hadi diatas sudah jelas bahwa yang dapat kita bawa untuk di alam kubur hanyalan amal perbuatan kita, apabila amal perbuatan kita didunia bagus atau baik maka insaAllah, Allah akan memberi tmpat yang muliai sisinya, tetapi apabila amal perbuata di dunia jelek atau buruk maka akan mendapatkan siksa yang sangat pedih.

Itulah Nama-Nama Hari Kiamat / Hari Akhir, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…