Nama Tokoh-Tokoh Filsafat Islam

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Filsafat Islam pertama kali muncul pada masa Daulah Umayyah dan telah mengalami perkembangan pesat pada masa Daulah Abbasiyah. Munculnya filsafat Islam dimulai dari penerjemahan filsafat Yunani ke dalam bahasa Arab.

Penerjemahan secara besar-besaran dilakukan pada masa Khalifah Harun ar-Rasyid sekaligus mengadakan penyesuaian dengan ajaran Islam. Al-Farabi (870–950) sedang mengajar filsafat kepada para muridnya. Di antara para filsuf yang terkenal sebagai berikut.

Ibnu Rusyd

Di barat ia dikenal dengan nama Averos. Di antara karya yang dihasilkannya yaitu Mabadi’ al-Falsafah (Pengantar Ilmu Filsafat), Tafsir Urjuza, Taslul, Tahafut at Tahafut, Kasyful Adillah, dan Muwa faqatil H.ikmah wal Syari’a. Selain itu, Ibnu Rusyd juga memiliki karya di bidang kedokteran yang berjudul Kulliyah fit Tibb.

Al-Farabi

pemikirannya yang terkenal adalah tentang filsafat emanasi ketuhanan. Selain itu, ia juga mengemukakan pendapat tentang filsafat kenabian. Menurutnya kenabian adalah sesuatu yang diperoleh oleh para nabi dan rasul tanpa melalui upaya diri mereka.

Ibnu Miskawaih

dengan pemikirannya tentang pembahasan filsafat moral yang bersumber pada psikologi. Menurutnya, kondisi psikologi seseorang menimbulkan persoalan etika.
Tokoh-tokoh lain yang terkenal dalam bidang filsafat antaralain sebagai berikut ini.
  1. Ibnu Sina. 
  2. Ibnu Masarrah. 
  3. Ibnu Tufail. 
  4. Al-Kindi.
Itulah Tokoh-Tokoh Filsafat Islam, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…