Sejarah Pada Masa Pemerintahan Daulah Umayyah Andalusia

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Seiring dengan runtuhnya Daulah Umayyah dan digantikan Daulah Abbasiyah, di Andalusia berdiri Daulah Umayyah. Tepatnya lima tahun setelah runtuhnya Daulah Umayyah Damaskus, berdirilah Daulah Umayyah Andalusia. Daulah Umayyah Andalusia didirikan oleh Abdurrahman ad-Dakhil yang berhasil melarikan diri dari Damaskus.

Masa pemerintahan Daulah Umayyah Andalusia adalah sezaman dengan Daulah Abbasiyah. Jika di Bagdad berdiri Daulah Abbasiyah, di Andalusia berdiri Daulah Umayyah Andalusia (Spanyol). Pada masa pemerintahan Daulah Umayyah Andalusia ilmu pengetahuan berkembang cukup pesat. Para Khalifah Daulah Umayyah Andalusia memiliki perhatian yang cukup besar terhadap perkembangan ilmu pengetahuan.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah Andalusia dimulai ketika Khalifah Abdurrahman al-Ausat memerintah. Ia dikenal sebagai khalifah yang cinta dan memiliki perhatian terhadap ilmu pengetahuan. Ia memiliki kebiasaan mengundang para ilmuwan dan peneliti untuk berkunjung ke negeri yang dipimpinnya.

Perkembangan ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah Andalusia mencapai puncaknya ketika Abdurrahman III memegang kepemimpinan. Menandai berkembangnya ilmu pengetahuan pada masa Daulah Umayyah Andalusia dibangunlah Universitas Cordoba.

Mereka yang belajar di universitas ini tidak hanya umat Islam, tetapi orang-orang Eropa turut menimba ilmu di Universitas Cordoba. Ketika Daulah Umayyah memerintah, Andalusia menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan di Eropa. Para Ilmuwan Muslim Dalam sejarah Islam, kemajuan ilmu pengetahuan mencapai puncaknya pada era Daulah Abbasiyah.

Saat itu, perkembangan ilmu pengetahuan berlangsung sangat mengagumkan. Wajar jika lahir ilmuwan-ilmuwan muslim yang berkompeten di bidangnya. Bahkan, menurut para ahli sejarah karya-karya merekalah yang telah mendorong terjadinya gerakan pencerahan di Eropa hingga meraih kemajuan peradaban seperti dapat kita lihat sekarang ini.

Itulah sejarah di masa Pemerintahan Daulah Umayyah Andalusia, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…