Pengembangan Ilmu Pengetahuan Di Masa Daulah Abbasiyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Pada masa Abbasiyah ini kaum muslimin begitu bersemangat untuk belajar ilmu. Tidak sedikit di antara mereka yang melakukan pengembaraan ke luar negeri untuk menuntut ilmu. Sepulang dari menuntut ilmu, mereka menyusun hasil pengkajiannya dalam bentuk buku.
Buku inilah yang akhirnya menjadi rujukan para sarjana dan peneliti. Dari pengetahuan tersebut, mereka dapat mengembangkan kebudayaan yang tengah dibangun. Beberapa kebijakan penting Daulah Abbasiyah dalam pengembangan ilmu pengetahuan sebagai berikut.
  1. Menggalang penyusunan buku-buku.
  2. Menggalang penerjemahan karya asing.
  3. Menghidupkan kegiatan ilmiah.
  4. Membangun lembaga pendidikan dan penelitian.
Kegiatan ilmiah pada zaman Daulah Abbasiyah berlangsung semarak hingga pantas jika zaman itu peradaban Islam sangat maju. Dari usaha-usaha yang dilakukan di atas, berkembanglah beberapa disiplin ilmu pengetahuan baik ilmu agama maupun umum.

Di antara ilmu agama yang berkembang adalah ilmu tafsir, hadis, fikih, tasawuf, dan bahasa. Sementara ilmu umum yang berkembang saat itu adalah kedokteran, sejarah, geografi, geometri, dan kesenian.

Itulah sejarah pengembangan ilmu di masa Daulah Abbasiyah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…