Sejarah Pada Masa Daulah Abbasiyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Pada masa Daulah Abbasiyah (132 H-656 H/750-1256 H) kemajuan di bidang pendidikan sangat mengagumkan. Kemajuan ini tidak lepas dari kondisi saat itu di mana kehidupan ekonomi dan stabilitas politik telah terbangun. Hal ini terjadi setelah Khalifah Abu Abbas as-Saffah dan Khalifah Abu Ja’far berhasi Pada pemerintahan Harun ar-Rasyid dan putranya, al-Ma‘mun, merupakan masa keemasan Daulah Abbasiyah.

Pada saat itu didirikan Baitul Hikmah yang digunakan sebagai pusat kebudayaan dan laboratorium ilmu pengetahuan. Saat itu kesejahteraan, kesehatan, pendidikan, ilmu pengetahuan, kebudayaan, dan kesusastraan mengalami masa keemasan. Muncullah Daulah yang beribu kota di Bagdad ini menjadi negara yang terkuat dan tidak tertandingi peradabannya saat itu.

Baitul Hikmah mempertahankan dan menumpas musuh-musuhnya. Dengan demikian, muncullah di zaman ini para tokoh mulai dari penyair, filosof, sejarawan, hingga agamawan. Masa Khalifah Abbasiyah dianggap sebagai puncak ilmu pengetahuan dan peradaban Islam.

Kesuksesan dinasti ini tidak lepas dari kebijakan pemerintah yang mempersilakan anggota pemerintahan dan ahli ilmu pengetahuan agar mengembangkan pengetahuan mereka sesuai dengan keahlian masing-masing. Pada masa Abbasiyah ini kaum muslimin begitu bersemangat untuk belajar ilmu.

Itulah sejarah masa Daulah Abbasiyah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…