Sejarah Perkembangan Ilmu Pengetahuan DI Masa Daulah Umayyah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Kebijakan perluasan wilayah menjadi corak pembangunan politik pemerintah Umayyah. Secara tidak langsung hal ini menambah jumlah penganut agama Islam. Sekalipun dalam perluasan wilayah tidak ada pemaksaan agar menganut agama Islam, tetapi penduduk secara sukarela menerima dan memeluk agama ini.

Umat Islam saat itu juga berkembang pesat seluas daerah kekuasaannya yang membentang luas mulai dari Afganistan hingga Andalusia. Banyaknya penduduk yang memutuskan memeluk Islam sekaligus memotivasi mereka untuk mendalami lebih jauh tentang ajaran Islam.

Dengan demikian, pembangunan ilmu pengetahuan pada masa Umayyah pun terus berjalan, meskipun masih sebatas pada ilmu-ilmu keislaman. Penduduk banyak yang mempelari ilmu Al-Qur’an, hadis, fikih, sejarah Rasulullah, serta filsafat. Kaum muslimin pun tetap menjadikan masjid sebagai tempat belajar, selain sebagai tempat ibadah.

Ada juga yang lebih memilih belajar di tempat tinggal para ulama. Penduduk pada saat itu lebih tertarik mempelajari ilmu Al-Qur’an, hadis, fikih, sejarah, dan filsafat karena dianggap sangat penting bagi pembinaan akidah, syariah, dan akhlak umat. Bahkan, jika pada masa sebelumnya, sejarah Nabi Muhammad belum banyak dikaji, pada masa ini masyarakat sudah tertarik untuk mempelajarinya.

Demikian juga dengan ilmu filsafat, diminati masyarakat muslim yang salah satunya berfungsi sebagai sebagai alat berdebat dengan orang-orang Yahudi dan Nasrani. Ilmu umum seperti ilmu hitung, ilmu alam, dan ilmu sosial belumlah berkembang.

Itulah sejarah masa Daulah Umayyah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita  dan semoga Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…