Panduan / Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah Dan Kurban

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sebagai seorang muslim, sebaiknya kamu dapat mempraktikkan cara penyembelihan hewan aqiqah ataupun kurban dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kamu dapat melakukannya dengan baik dan benar, cobalah berlatih memeragakan cara penyembelihan hewan aqiqah dan kurban dengan memerhatikan langkah-langkah berikut ini.

Mempersiapkan alat-alat yang digunakan untuk menyembelih aqiqah atau kurban, seperti pisau yang tajam.

Mempersiapkan hewan-hewan ternak yang akan dijadikan aqiqah atau kurban, seperti kambing, domba, atau sapi yang sesuai dengan syarat-syaratnya.

Binatang yang akan disembelih dihadapkan ke arah kiblat.

Mulailah dengan membaca basmalah sebelum memotong kemudian potonglah tepat pada urat nadi sehingga hewan tersebut cepat mengeluarkan darah dan cepat mati.

Disunahkan ketika memotong membaca salawat atas Nabi Muhammad saw. dan keluarganya.

Membaca takbir.

Membagi-bagikan sebagian daging aqiqah atau kurban kepada fakir miskin, tetangga, dan sebagian lagi boleh dimakan sendiri.

Menyembelih hewan berarti mematikan hewan dengan cara memotong saluran nafas dan saluran makanan serta urat nadi utama di leher hewan tersebut. Kurban yaitu tindakan menyembelih binatang tertentu atas dasar perintah Allah swt. dan petunjuk dari Rasulullah saw. dengan harapan agar dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah swt. Hewan yang dapat dijadikan kurban adalah domba kambing, unta, sapi atau kerbau. Aqiqoh adalah menyembelih kambing sebagai tanda syukur kepada Allah swt. atas lahirnya anak laki-laki atau perempuan. Penyembelihan Hewan.

Itulah Panduan Atau Cara Penyembelihan Hewan Aqiqah Dan Kurban, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…