Panduan / Pengertian Shalat Duha

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Menurut bahasa duha berarti pagi hari. Sehingga shalat duha adalah shalat sunah yang dilaksanakan pada waktu pagi hari, mulaidari saat memutihnya cahaya matahari pagi sampai sebelum waktu istiwa’ (siang hari saat matahari tepat arahnya di atas kepala). Jadi, kira-kira mulai pukul 07.00 pagi sampai pukul 11.00 siang.

Hukum melaksanakannnya adalah sunah, sebagaimana hadis Rasulullah saw. Yang artinya:

Dari Abu Hurairah ia berkata: Kekasihku (Rasulullah saw.) telah berpesan kepadaku tiga hal: puasa tiga hari setiap bulan, dua rakaat shalat duha, dan shalat witir sebelum tidur. (H.R. Bukhar i/ 1845;Muslim/1182).

Tata cara pelaksanaan shalat duha sebagai berikut:

Jumlah rakaat paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat
Boleh dilaksanakan secara munfarid maupun berjamaah
Lebih utama setiap dua rakaat salam.

Panduan Praktek shalat duha yang pertama Berniat shalat istikharah, kemudian membaca Takbiratul ihram sambil mengangkat tangan, kemudian Shalat dua rakaat seperti biasa dan selanjutnya diakhiri dengan salam.

Dilanjutkan dengan membaca doa setelah shalat duha yang artinya:

 “Ya Allah, sesungguhnya waktu duha adalah milik Mu, keagunganmu adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya Allah andaikan rezekiku ada di langit maka turunkanlah, bila di bumi maka keluarkanlah, apabila sukar maka mudahkanlah, bila haram maka sucikanlah, bila jauh maka dekatkanlah. Dengan haqnya waktu duha, keagungan, keindahan, kekuatan dan kekuasa-an-Mu. Berikanlah kepadaku apa yang telah Engkau berikan kepada hamba-hamba Mu yang saleh.”

Itulah Panduan Atau Pengertian Shalat Duha, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…