Panduan / Pengertian Shalat Sunah Istikharah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Secara bahasa, Istikharah berati mohon dipilihkan. Jadi shalat istikharah mengandung pengertian melaksanakan shalat sunah duarakaat dengan maksud untuk memohon petunjuk dari Allah swt. dalam menentukan pilihan terbaik di antara dua pilihan atau lebih.

Suatu saat kita dihadapkan pada dua atau lebih pilihan yang samasama baik dan sulit menentukan mana yang terbaik, padahal menyangkut persoalan yang mempengaruhi kehidupan kita di masa yang akan datang, seperti memilih sekolah, pekerjaan, jodoh, dan lain-lain. Oleh karena itu sebagai orang yang beriman, kita harus yakin bahwa hanya Allah swt. yang paling mengetahui mana yang terbaik di antara sekian pilihan tersebut.

Hukum melaksanakan shalat istikharah adalah sunah, sebagaimana hadis Rasulullah saw.Yang Artinya :

“Dari Jabir bin ‘Abdullah, Rasulullah bersabda: Rasulullah saw., mengajarkan kepada kami untuk meminta petunjuk dalam beberapa perkara yang penting. Beliau berkata, “Apabila salah seorang diantara kamu menghadapi suatu perkara hendaklah ia shalat dua rakaat.” (H.R. al-Bukhari/1096).

Tata cara pelaksanaan shalat istikharah adalah sebagai berikut.

a.     Jumlah rakaatnya hanya 2 rakaat
b.    Dilaksanakan secara munfarid (sendirian)
c.     Waktunya pagi, siang, atau malam hari

Panduan Praktek shalat istikharah yang pertama Berniat shalat istikharah, kemudian membaca Takbiratul ihram sambil mengangkat tangan, kemudian Shalat dua rakaat seperti biasa dan selanjutnya diakhiri dengan salam.

Dilanjutkan dengan membaca doa istikharah;

Yang artinya: “Ya Allah hamba mohon memilihkan mana yang baik menurut Engkau ya Allah. Dan hamba mohon memberikan kepastian dengan ketentuanMu dan hamba mohon dengan kemurahan-Mu yang besar dan agung, karena sesungguhnya Tuhan yang berkuasa. Sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang maha mengetahui bahwa persoalan ini baik bagiku dalam agamaku dan kehidupanku, dan baik pula akibatnya bagiku, maka berikanlah perkara ini kepadaku dan mudahkanlah ia bagiku, kemudian berikanlah keberkahan di dalamnya. Ya Allah jika Engkau mengetahui bahwa jika hal ini tidak baik bagi agamaku dan kehidupanku, dan tidak baik akibatnya bagiku maka jauhkanlah hal ini dariku, dan jauhkanlah aku darinya. Dan berilah kebaikan dimana saja aku berada, dan jadikanlah aku orang yang rela atas anugerahMu.”

Itulah Panduan Atau Pengertian Shalat Sunah Istikharah, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…