Pengertian / Arti Dari Gibah / Menggunjing

Sahabat admin yang di karuniai oleh Allah, disini saya akan sedikit membahas tenteng gibah atau menggunjing. Gibah dapat diartikan dengan menggunjing. Artinya, menyampaikan sesuatu yang terjadi pada seseorang yang jika orang yang dibicarakan tersebut mendengarnya akan merasa tidak suka. Mungkin karena menyampaikan kekurangan pada fisik, akhlak, keturunan, ucapan, dan perbuatan.

Gibah berarti suka membicarakan keburukan orang lain. Meskipun yang dibicarakan adalah benar,bukan berarti kita boleh menyampaikannya semau sendiri. Terlebih jika hal itu merupakan berita buruk, mestinya segera dicegah agar tidak menyebar kepada khalayak. Mengapa? Dengan berita tersebut, reputasi orang yang digunjing tadi pasti akan jatuh.

Ia merasa tidak nyaman karena yang diketahui orang lain tentang dirinya hanyalah perbuatan buruknya. Ia pun menjadi sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain karena tidak lagi dihargai. Terlebih hingga muncul dampak yang lebih luas, yaitu menjadi akar penyebab terputusnya silaturahmi di antara kita. Allah swt sangat membenci orang yang gibah atau mengunjing orang lain, sebelum kita mengunjing orang lain kita harus intropeksi diri kita sendiri.

Mudah-mudahan Allah menjadikan kita termasuk orang yang dapat mengendalikan diri,sehingga kita terhindar dari mengunjing orang lain atau sifat gibah dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…