Syarat Sah Rukun Ibadah Haji

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Rukun haji adalah perbuatan yang wajib dilakukan dalam berhaji, dan tidak dapat diganti dengan membayar denda (dam). Jika orang meninggalkan salah satu rukun haji, maka hajinya tidak sah. Rukun haji ada 6 macam sebagai berikut:

Memakai ihram dan niat haji Ihram adalah memakai pakaian berwarna putih yang tidak berjahit. Sebelum memakai pakaian ihram terlebih dahulu mandi jinabat. Setelah memakai pakaian ihram dilanjutkan salat 2 rakaat di mikat kemudian niat haji,

Wukuf artinya hadir di Padang Arafah. Wukuf pada waktu zuhur, dimulai sejak tergelincirnya matahari pada tanggal 9 Zulhijah sampai terbit fajar sidik tanggal 10 Zulhijah. Wukuf dilakukan setelah khotbah dan salat jamak qasartakdim zuhur dan asyar berjamaah. Wukuf dapat dilakukan berjamaah atau sendiri dengan memperbanyak zikir, istigfar, adalah pakaian berwarna putih dan tidak berjahit. dan doa. Waktu wukuf tidak disyaratkan harus suci dari hadas besar atau kecil. Wukuf di Padang Arafah.

Tawaf Tawaf adalah mengeliligi ka’bah tujuh kali putaran. Tawaf dimulai dari Hajar Aswat dengan posisi Ka’bah di sebelah kiri orang yang tawaf. Orang yang tawaf harus menutup aurat dan suci dari hadas dan najis. Tawaf adalah mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Ada beberapa macam tawaf, sebagai berikut: Tawaf qudum, yaitu tawaf yang dilakukan ketika baru datang di Mekah,Tawaf ifadah, yaitu tawaf yang dilakukan karena melaksana. kan rukun haji, Tawaf tahallul, yaitu tawaf yang dilakukan untuk melepaskan diri dari yang diharamkan sebab, ihram, Tawaf nazar, yaitu tawaf yang dilakukan karena nazar, Tawaf sunah, yaitu tawaf yang dilakukan untuk mencari keutamaan ibadah, Tawaf wada’, yaitu tawaf yang dilakukan karena meninggal kan Mekah

Sa’i adalah lari-lari kecil di Lari-lari kecil pada waktu Sa’iantara bukit Safa dan Marwah. Safa Marwah adalah meng ingatkan sebuah peristiwaSa’i dimulai dari Bukit Safa dan lahirnya Ismail, karena sangatdiakhiri di bukit Marwah. Sa’I membutuhkan air, Ibunya dilakukan 7 kali bolak-balik dan (Siti Hajar) mencarikan air dengan lari bolak-balik daridikerjakan setelah tawaf. bukit Safa ke Marwah.

Menggunting (mencukur) rambut Waktu mencukur setelah melempar jumrah aqabah pada hari mahar bila mempunyai kurban, mencukur setelah menyembelih hewan, mencukur minimal 3 helai rambut.

Tertib Menertibkan rukun-rukun tersebut artinya harus berurutan dimulai dari niat (ihram) wukuf, tawaf, sa’i dan menggunting rambut.

Itulah Syarat Sah Rukun Ibadah Haji, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…