Tata Cara Dan Penyebab Melakukan Sujud Sahwi

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Sujud sahwi merupakan salah satu rukhsah (keringanan) dalam melaksanakan salat. Kita tidak perlu mengulang salat dari awal, cukup melaksanakan sujud sahwi ketika ragu-ragu dengan jumlah rakaat salat yang telah dikerjakan. Hal-hal yang menyebabkan perlunya dilakukan sujud sahwi yaitu sebagai berikut :

lupa/ketinggalan tasyahud awal, ragu-ragu tentang jumlah rakaat salat yang dikerjakan, kelebihan rakaat, rukuk, atau sujud karena lupa dan lupa/ketinggalan membaca qunut dalam salat Subuh; bagi golongan yang berpendapat bahwa qunut hukumnya sunah.

Tata cara pelaksanaan sujud sahwi sama dengan sujud rukun salat, yakni dua kali sujud dan di antara keduanya ada duduk di antara dua sujud. Ketentuannya pun sama persis dengan sujud rukun. Hanya saja, sujud sahwi bisa dilakukan sebelum salam ataupun sesudahnya. Dengan catatan, jika dilakukan sesudah salam, jedanya tidak terlalu lama.

Mempraktikkan Sujud Sahwi Sujud sahwi merupakan salah satu bukti bahwa Allah swt menghendaki kemudahan bagi hamba-Nya. Allah swt tidak menghendaki hamba-Nya merasa berat dengan mengulang salat dari awal ketika lupa sesuatu dalam pelaksanaan salat. Akan tetapi, tidak berarti dengan adanya sujud sahwi ini membuat kita boleh seenaknya lupa dan terbiasa lupa.

Keberadaan sujud sahwi hendaknya kita manfaatkan sebaik-baiknya. Jika benar-benar lupa dalam pelaksanaan salat, kita dapat mempraktikkan sujud sahwi. Akan tetapi, kita tidak boleh pura-pura lupa agar dapat mempraktikkan sujud sahwi.

Itulah tata cara pelaksanaan sujud sahwi, mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita dan mudah-mudahan Allah selalu meridhoi perilaku kita semua amin…