Wirausahawan Muslim Yang Terkenal Dan Sukses Di Zaman Rasulullah

Sahabat admin yang di karuniai Allah, Berkat penataan ekonomi yang dibangun Rasulullah banyak di antara para wirausahawan muslim yang meraih kesuksesan. Ada juga yang berhasil menyelenggarakan kegiatan ekspor dan impor dari berbagai komoditas, baik untuk Kota Madinah maupun untuk luar kota. Ada yang sukses di bidang pertanian, perdagangan, jasa, hingga usaha properti. Di antara para sahabat yang sukses dalam bidang ekonomi dan perdagangan antara lain :

Abu Bakar as Siddiq r.a, Umar bin Khattab r.a, Usman bin Affan r.a, Zubair bin Awwam r.a, Amr bin ‘As r.a, Abdurrahman bin Auf r.a.

Selain banyak sahabat yang memiliki kekayaan berlimpah, kehidupan muslimin pada umumnya semakin berkecukupan. Kaum muslimin pada zaman Rasulullah tetap hidup sederhana. Mereka tidak suka bermewah-mewahan. Mereka menggunakan harta bendanya sebagai sarana ibadah kepada Allah, misalnya untuk bersedekah kepada yang berhak dan mendukung dakwah agama Islam.

Itulah para wirausahawan musilm yang sukses di zaman Rasulullah saw, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua dan mudah-mudahan Allah selalu memberi hidayah dan inayahNya kepada kita semua amin…